Wednesday, January 2, 2019

Cara cepat mengatasi masalah jerawat


Besok merupakan hari yang sangat penting bersama kawan lama, party yang sudah sangat ditunggu dan direncanakan sejak lama, atau mungkin jadwal kencan dengan si doi, tetapi mendadak munculah jerawat merah yang membengkak di wajah? oh noooo!!!! Jerawat yang meradang ini biasanya dapat diobati dengan menggunakan antibiotik seperti tetracycline, doxycycline, minocycline, dan erythromycin bisa meringankan jerawat merah yang meradang. Namun, efek obat tersebut baru akan terlihat khasiatnya dalam beberapa hari setelah digunakan. Lalu, bagaimanakah cara mengatasi jerawat yang merah dan membengkak hanya dalam satu malam?

*Source image : zethaindonesia.com

Apa penyebab jerawat meradang?

Kemerahan yang terjadi pada jerawat bukanlah sebuah luka, melainkan menjadi bentuk peradangan. Jerawat merah yang meradang diawali saat sebum berlebih yang melewati dinding folikel pada kulit. Dalam pori-pori, sebum bercampur menjadi satu dengan sel kulit mati, di mana ini mengakibatkan penyumbatan pori-pori. Hal ini memungkinkan bakteri jerawat bisa berkembang, nah sedangkan sisa-sisa radikal bebas bisa merusak jaringan yang mengakibatkan peradangan dan berwarna kemerahan pada kulit.

Jika infeksi tidak berkembang, warna kemerahan tersebut akan hilang dengan sendirinya. Tetapi, jika warna merah ini menetap atau tidak berubah setelah bertahun tahun, kemungkinan itu merupakan luka bekas jerawat.

Lalu, bagaimana cara menghilangkan jerawat yang meradang dalam waktu hanya semalam?

Ada beberapa hal penting yang perlu Kamu ketahui jika ingin menghilangkan warna kemerahan pada jerawat dalam waktu semalam. Hal yang pertama, kemerahan itu disebabkan oleh efek dari peradangan. Maka dari itu, perawatan yang Kamu gunakan haruslah yang bisa menangani masalah peradangan jerawat ini.
Selanjutnya, Kamu harus memastikan bahwa jerawat itu sembuh dengan waktu yang cepat. Ini akan dapat mengurangi warna kemerahan pada jerawat dengan sangat cepat. Ada beberapa tips perawatan yang sangat efektif dan cukup sederhana sehingga bisa Kamu mempraktikkannya di rumah untuk mengurangi warna kemerahan pada jerawat.
1. Menggunakan es batu

*Source image : www.richamorindonesia.com

Metode yang tercepat adalah dengan cara menempelkan kompres es batu pada jerawat yang sedang mengalami peradangan. Bungkus dulu es batu dengan lap atau kain yang bersih sebelum ditempelkan pada wajah Kamu, Selanjutnya, diamkanlah selama beberapa saat. Ulangi langkah tersebut hingga warna kemerahan pada jerawat mulai berkurang. Pastikan Kamu tidak menekannya terlalu kencang, sebab hal itu dapat melukai jerawat dan mengakibatkan bakteri menyerang pada bagian tersebut.

2. Menggunakan aspirin

*Source image : www.telegraph.co.uk

Aspirin tidak hanya untuk mengobati rasa sakit pada kepala saja, tetapi juga bisa mengurangi warna kemerahan pada jerawat. Aspirin mengandung kandungan asam salisilat yang dapat mengurangi peradangan dengan cara mengelupas. Untuk mengatasi warna kemerahan pada jerawat dalam waktu yang cukup singkat, bagi aspirin menjadi separuh. hancurkan halus dengan menggunakan air, kemudian oleskan pada area yang terkena jerawat. Gunakanlah plester untuk melindunginya lalu diamkanlah selama 30 menit.

3. Menggunakan pasta gigi

*Source image : id.wikihow.com

Pasta gigi merupakan salah satu obat yang sering disebut juga dalam hal mengatasi warna kemerahan pada jerawat. Hal ini bekerja karena di dalam pasta gigi mengandung silica, yang bisa membantu mengeringkan jerawat. Tetapi, sebaiknya Kamu tidak menggunakan pasta gigi yang di dalamnya mengandung mentol atau flouride. Karena ini tidak hanya menyebabkan iritasi pada kulit tetapi juga akan bisa menyebabkan munculnya lebih yang banyak jerawat.

Walaupun warna kemerahan pada jerawat dapat mengganggu penampilan Kamu, namun hal ini tidaklah seburuk luka yang dapat ditinggalkan setelah jerawat. Menghilangkan warna kemerahan ini tidak meminimalisir risiko terjadinya luka bekas jerawat. Kamu perlu mengobati jerawat Kamu sedini mungkin untuk mencegah resiko terjadinya luka.